Ilmu Pengetahuan Penawaran

By Sugi Arto
----------------------------------
Sugi Arto Newsletter
----------------------------------
Dear Sobat yang pemberani....!!!

Penawaran - Di setiap transaksi perdagangan dalam ekonomi niscaya terdapat suatu undangan (demand), penawaran (supply), harga dan kuantitas akan suatu barang atau jasa yang saling mensugesti satu dengan yang lainnya. Permintaan dan penawaran akan saling bertemu dan akan membentuk satu titik pertemuan dalam satuan harga dan kuantitas (jumlah barang). Penawaran juga ialah sebagian ilmu tekhnik dalam Marketing. Sebab didalam marketinglah kita akan penerapkan suatu penawaran.

Teori penawaran dan undangan (supply and demand) dalam ilmu ekonomi, ialah penggambarkan atas hubungan-hubungan di pasar, antara para calon pembeli dan penjual dari suatu barang. Model penawaran dan undangan dipakai untuk memilih harga dan kuantitas yang terjual di pasar. Model ini sangat penting untuk melaksanakan analisis ekonomi mikro terhadap sikap serta interaksi para pembeli dan penjual.

 Di setiap transaksi perdagangan dalam ekonomi niscaya terdapat suatu undangan  Ilmu Pengetahuan Penawaran
Penawaran
Penawaran ialah banyaknya barang yang ditawarkan oleh penjual pada suatu pasar tertentu, pada periode tertentu, dan pada tingkat harga tertentu.

Berdasarkan jumlah barang yang ditawarkan, penawaran sanggup dibagi menjadi 2, yaitu sebagai berikut:

  1. Penawaran Individu ialah jumlah barang yang akan dijual oleh seorang penjual.
  2. Penawaran Kolektif  disebut juga penawaran pasar. Penawaran kolektif ialah keseluruhan jumlah suatu barang yang ditawarkan oleh penjual di pasar. Penawaran ini merupakan penjumlahan dari keseluruhan penawaran perorangan.
Penawaran dan produksi memiliki kekerabatan yang sangat erat. Hal-hal yang mendorong dan menghambat impian produksi besar lengan berkuasa terhadap jumlah penawaran. Berikut ini faktor-faktor yang mensugesti penawaran.

a. Harga barang itu sendiri.

b. Harga barang pengganti.

c. Biaya produksi.

d. Kemajuan Teknologi.

e. Pajak.

f. Perkiraan harga masa depan.

Hukum penawaran menyatakan bahwa "Perubahan harga memiliki imbas yang sejalan dengan perubahan penawaran". Artinya, pada waktu harga barang naik penawaran ikut naik, sedangkan pada waktu harga barang turun penawarannya ikut turun. Dalam aturan penawaran faktor harga dianggap sebagai variabel bebas, sedangkan faktor penawaran merupakan variabel terkait.

Hubungan Antara Harga Dengan Penawaran

Bila harga naik, sedangkan faktor lainnya tetap maka penawaran akan naik.

Bila harga turun, sedangakan faktor lainnya tetap maka penawaran akan turun.

Hukum penawaran mengatakan keterkaintan antara jumlah barang yang ditawarkan dengan tingkat harga. Dengan demikian, suara aturan penawaran sebagai berikut: " Semakin tinggi harga, semakin banyak jumlah barang yang bersedia ditawarkan. Sebalinya, semakin rendah tingkat harga, semakin sedikit jumlah barang yang bersedia ditawarkan."Hukum penawaran akan berlaku apabila faktor-faktor lainnya yang memengaruhi penawaran tidak berubah (ceteris paribus).

Salam hangat dari sahabatmu,

Sugi Arto

/////////////////////////////////////////


Think & Sucsees!

----------------------------------

------Inspirasi Sukses-----------------

Related Posts

0 komentar:

Post a Comment