Ilmu Pengetahuan Taktik Untuk Berbagi Ukm Yang Dijalankan

Strategi Untuk Mengembangkan UKM Yang Dijalankan - Jumlah UKM (Usaha Kecil Menengah) yang ada di Indonesia ketika ini semakin bertambah banyak, namun jumlah UKM ini ternyata tidak sebanding dengan tingkat daya saing UKM tersebut, baik secara lokal maupun internasional. Kalau kita perhatikan, kebanyakan UKM di Indonesia hanya melaksanakan proses produksi, berdagang, dan berekonomi, sehingga membuat daya saing UKM di Indonesia tidak bisa bersaing dengan perusahaan-perusahaan besar.

Strategi Untuk Mengembangkan UKM Yang Dijalankan  Ilmu Pengetahuan Strategi Untuk Mengembangkan UKM Yang Dijalankan
Strategi Untuk Mengembangkan UKM
Dear Sobat, temanku yang luar biasa---Inspirasi Sukses---

Berdasarkan gosip yang di dapatkan, ternyata sekitar 70% UKM yang ada di Indonesia memulai UKM tersebut alasannya yaitu adanya desakan ekonomi bukan alasannya yaitu mereka mempunyai produk yang unik atau keterampilan pada bidang tertentu. Tentu saja kondisi ini hasilnya membuat sebagian besar dari UKM di Indonesia tidak mempunyai daya saing, dimana kita ketahui bahwa untuk tetap bertahan dan berkembang di dalam dunia bisnis yang semakin ketat kita harus mempunyai keterampilan, sanggup bekerja secara profesional, dan bisa membuat inovasi-inovasi pada bisnis mereka.

Berikut ini yaitu beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk berbagi kemampuan dan keterampilan kita dalam meningkatkan UKM yang dimiliki:

1. Pelaku UKM Harus Memiliki Jiwa Kepemimpinan Dalam Dirinya

Walaupun Anda masih memulai UKM dan belum mempunyai seorang karyawan, Anda tetap harus menanamkan jiwa kepemimpinan dalam diri Anda, sehingga ketika nantinya mempunyai karyawan Anda sanggup memimpin karyawan tersebut dengan baik. Kemampuan Anda dalam memimpin, merencanakan, mengatur, dan menjalankan sebuah perjuangan tentunya akan mempunyai peranan yang sangat penting dalam perkembangnan perjuangan itu sendiri.

2. Pelaku UKM Harus Mau Belajar Tentang Management

Pengetahuan wacana Management yaitu hal yang sangat penting untuk dimiliki oleh seorang pelaku UKM. Dengan modal knowledge management, Anda akan bisa mengoptimalkan sumber daya yang ada dalam bisnis Anda, dan sanggup mengurangi resiko kerugian yang mungkin terjadi.

3. Pelaku UKM Harus Melakukan Marketing dan Branding

Salah satu penyebab kegagalan sebuah UKM yaitu tidak melaksanakan marketing dan branding secara maksimal. Dua faktor ini yaitu sangat penting dalam tumbuh kembangnya sebuah perjuangan baik skala besar ataupun skala kecil. Sebaiknya Anda membuat sebuah logo dan juga nama perusahaan yang gampang diingat oleh orang lain, dan juga melaksanakan promosi semoga UKM Anda semakin dikenal oleh masyarakat luas. Kita jangan pernah lupa bahwa sebagus apapun produk yang Anda jual kalau tidak didukung oleh aktivitas promosi yang baik, orang tidak akan mengenalnya.

4. Pelaku UKM Harus Mampu Beradaptasi

Pasar yang semakin luas dan pertumbuhan UKM yang semakin banyak tentunya akan membuat banyak tantangan. Seorang pelaku UKM harus jeli dalam memperhatikan segala peluang dan kendala yang mungkin tiba ke hadapan Anda, dan sanggup mengambil keputusan dan bertindak dengan cepat. Kemampuan dalam menghadapi persaingan yang semakin ketat dan sanggup memenuhi ajakan konsumen yang semakin bermacam-macam akan membuat UKM Anda sanggup bertahan dan sanggup berkembang ke arah yang lebih baik.

5. Pelaku UKM Harus Mampu Berinovasi

Seperti yang sudah disebutkan pada artikel sebelumnya "Inovasi Dalam Bisnis Adalah Sesuatu Yang Sangat Penting", seorang pelaku UKM harus bisa berinovasi dalam memperlihatkan produknya ke pasar. Kebanyakan konsumen lambat laun akan bosan dengan produk yang sama dan biasa-biasa saja, mereka mau sesuatu yang berbeda. Dengan kerja keras dan kreatifitas yang Anda dan tim Anda miliki, mulailah untuk memperlihatkan produk yang berbeda atau memperlihatkan produk yang biasa-biasa saja dengan cara yang berbeda sehingga produk itu bisa mempunyai nilai yang lebih tinggi di pasaran.

Secara teori mungkin 5 langkah yang disebutkan di atas cukup mudah, namun pada kenyataannya dalam pelaksanaannya membutuhkan kerja keras dari Anda. Semoga artikel ini bisa mengatakan manfaat bagi para pelaku UKM dan bisa meningkatkan daya saing mereka.

Salam hangat dari saya Sobat...!!!!
----------------------------------
By Sugi Arto Newsletter
----------------------------------

/////////////////////////////////////////

Think & Sucsees!
----------------------------------

Related Posts

0 komentar:

Post a Comment