Ilmu Pengetahuan Pengertian Ilmu Ekonomi

Pengertian Ilmu Ekonomi Ilmu Ekonomi yakni ilmu yang mempelajari sikap insan dalam menentukan dan membuat kemakmuran. Inti masalah ekonomi yakni adanya ketidakseimbangan antara kebutuhan insan yang tidak terbatas dengan alat pemuas kebutuhan yang jumlahnya terbatas. Permasalahan tersebut kemudian mengakibatkan timbulnya kelangkaan (Ingg: scarcity).

 yakni ilmu yang  mempelajari sikap insan dalam menentukan dan membuat kemakmuran Ilmu Pengetahuan Pengertian Ilmu Ekonomi
Adam Smith Bapak Dari Ilmu Ekonomi







Kata "ekonomi" sendiri berasal dari kata Yunani οἶκος (oikos) yang berarti "keluarga, rumah tangga" dan νόμος (nomos), atau "peraturan, aturan, hukum," dan secara garis besar diartikan sebagai "aturan rumah tangga" atau "manajemen rumah tangga." Sementara yang dimaksud dengan hebat ekonomi atau ekonom yakni orang memakai konsep ekonomi dan data dalam bekerja.

Secara umum, subyek dalam ekonomi sanggup dibagi dengan beberapa cara, yang paling populer adalahmikroekonomi vs makroekonomi. Selain itu, subyek ekonomi juga sanggup dibagi menjadi positif (deskriptif) vs normatif, mainstream vs heterodox, dan lainnya. Ekonomi juga difungsikan sebagai ilmu terapan dalam administrasi keluarga, bisnis, dan pemerintah. Teori ekonomi juga sanggup dipakai dalam bidang-bidang selain bidang moneter, menyerupai contohnya penelitian sikap kriminal, penelitian ilmiah, kematian, politik, kesehatan, pendidikan, keluargadan lainnya.


Hal ini dimungkinkan alasannya yakni intinya ekonomi — menyerupai yang telah disebutkan di atas — yakni ilmu yang mempelajari pilihan manusia. Banyak teori yang dipelajari dalam ilmu ekonomi diantaranya yakni teori pasar bebas,teori bulat ekonomi, invisble hand, informatic economy, daya tahan ekonomi, merkantilisme, briton woods, dan sebagainya.

Ada sebuah peningkatan animo untuk mengaplikasikan wangsit dan metode ekonomi dalam konteks yang lebih luas. Fokus analisis ekonomi yakni "pembuatan keputusan" dalam banyak sekali bidang dimana orang dihadapi pada pilihan-pilihan. contohnya bidang pendidikan, pernikahan, kesehatan, hukum, kriminal, perang, dan agama. Gary Becker dari University of Chicago yakni seorang perintis animo ini. Dalam artikel-artikelnya ia membuktikan bahwa ekonomi seharusnya tidak ditegaskan melalui pokok persoalannya, tetapi sebaiknya ditegaskan sebagai pendekatan untuk membuktikan sikap manusia. Pendapatnya ini adakala digambarkan sebagai ekonomi imperialis oleh beberapa kritikus.

Banyak ahli ekonomi mainstream merasa bahwa kombinasi antara teori dengan data yang ada sudah cukup untuk membuat kita mengerti fenomena yang ada di dunia. Ilmu ekonomi akan mengalami perubahan besar dalam ide, konsep, dan metodenya; walaupun berdasarkan pendapat kritikus, adakala perubahan tersebut malah merusak konsep yang benar sehingga tidak sesuai dengan kenyataan yang ada. Hal ini menjadikan pertanyaan "apa seharusnya dilakukan para hebat ekonomi?" The traditional Chicago School, with its emphasis on economics being an empirical science aimed at explaining real-world phenomena, has insisted on the powerfulness of price theory as the tool of analysis. On the other hand, some economic theorists have formed the view that a consistent economic theory may be useful even if at present no real world economy bears out its prediction.

Referensi :

  1. Hardwick, Philip, Khan, Bahadur, and Langmead, Jhon. 1999. An Introduction to Modern Economics. Prentice Hall.
  2. A. Witztum. 2011. Introduction to economics. University of London. 
  3. https://prinsipilmu.blogspot.com/search?q=pengertian-ekonomi
  4. https://prinsipilmu.blogspot.com/search?q=pengertian-ekonomi

Related Posts

0 komentar:

Post a Comment