Ilmu Pengetahuan Manfaat Lingkungan Bagi Manusia

Manfaat Lingkungan Bagi Manusia - Kita insan merupakan mahluk hidup yang paling banyak memanfaatkan hasil alam alasannya yaitu itu pula kita wajib menjaga kelestarian alam dengan banyak sekali cara. Mulai dari hal-hal sepele menyerupai membuang sampah pada tempatnya, meminimalisasi sampah, memanfaatkan lahan yang kosong untuk ditanami, memakai energi dengan ekonomis dan memanfaatkan energi yang ramah lingkungan. Dengan begitu, bumi sebagai tempat tinggal kita akan lebih ramah dan memperlihatkan kembali keuntungannya untuk kita.

Kita insan merupakan mahluk hidup yang paling banyak memanfaatkan hasil alam alasannya yaitu itu  Ilmu Pengetahuan Manfaat Lingkungan Bagi Manusia
Manfaat Lingkungan Hidup Bagi Manusai
Arti pentingnya manfaat Lingkungan Bagi Kehidupan yaitu :
  1. Lingkungan sebagai wahana atau tempat bagi kelanjutan kehidupan,
  2. Lingkungan sebagai tempat tinggal (habitat),
  3. Lingkungan sebagai tempat mencari makan, dan 
  4. Lingkungan sebagai acara sosial, ekonomi, politik, budaya, dan lain lain.
Manfaat penghijauan tidak hanya bermanfaat untuk insan tetapi juga bermanfaat untuk makhluk hidup lainnya dan keseimbangan banyak sekali sistem di bumi.

Tanaman hijau baik yang besar maupun kecil mempunyai kiprahnya masing-masing. Berikut ini yaitu manfaat dari penghijauan :
  • Sebagai pelindung, pohon melindungi kita dari terik sinar matahari, debu, gas berbahaya, meredam bunyi dan lain sebagainya.
  • Banyak tumbuhan yang menjadi sumber masakan bagi insan dan hewan. Dengan melaksanakan penghijauan berarti kita menyediakan lebih banyak makanan,
  • Penyimpanan air,
  • Menjaga iklim,
  • Manfaat estetis.
Manusia di muka bumi selalu membutuhkan makan,minum.tempat tinggal,dan juga membutuhkan pakaian.Maka dari itu insan selalu memerlukan pertolongan pada lingkungannya secara langsung. Contoh manfaat lingkungan bagi insan antara lain :
  • Udara untuk keperluan pernapasan alasannya yaitu tidak ada insan yang sanggup bertahan hidup tanpa adanya pertolongan udara.
  • Air untuk minum,mandi,pengairan sawah,dan pembangkit tenaga listrik.
  • Tumbuhan dan Hewan untuk pemenuhan kebutuhan protein hewani dan nabati. Selain itu flora dan binatang juga sanggup di jadikan sebagai sumber tenaga dan kesenangan .Di kawasan tertentu,sapi dan kerbau dijadikan sebagai penarik bajak di sawah, serta kuda untuk menarik delman dan dijadikan sebagai sarana olahraga berkuda.
  • Lahan untuk tempat mendirikan banyak sekali prasarana dalam mendukung kehidupan manusia,misalnya untuk menciptakan tempat tinggal, gedung-gedung pemerintah, olahraga dan pertokoan.
  • Sumber barang tambang dan sumber daya mineral, menyerupai emas, perak, tembaga, dan lainnya.
  • Penghasil materi baku dan materi mentah untuk industri.

Dasar Hukum :

Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2009 Tentang Perlindungan Dan Pengelolaan Lingkungan Hidup.

Referensi :

  1. Hardjosoemantri K., Hukum Tata Lingkungan, Cetakan ke Lima Belas, Gadjah Mada University Press, Yogyakarta, 2000.
  2. Odum T, 1988, Basic of Ecology, New York, John Wiley & Sons.
  3. Satiawan B, Bruce Mitchel, Pengelolaan Sumberdaya dan Lingkungan, Gadjah Mada University Press, Yogyakarta,2000.
  4. https://prinsipilmu.blogspot.com/search?q=pengertian-lingkungan
  5. https://prinsipilmu.blogspot.com/search?q=pengertian-lingkungan

Related Posts

0 komentar:

Post a Comment