Paket Lengkap Ideologi Teks Dalam Iklan Produk Tolak Angin Sidomuncul (Suatu Kajian Ihwal Kritis)


Abstract: Media komunikasi melalui iklan ditelevisi swasta merupakan kekuatan bahasa dalam memasarkan produk. Bahasa iklan yang sering didengar, dilihat oleh masyarakat sanggup menghipnotis menonton, oleh alasannya yaitu itu teks bahasa dalam iklan menarik untuk dikaji melalui analisis wacana.Tujuan penelitian ini yaitu Untuk memperoleh pemahaman yang mendalam ihwal ideologi dalam teks iklan dan pengaruhnya terhadap praktik wacana dan publik. Adapun metodologi penelitian ini memakai teori Fairclough yakni kajian wacana melalui tahap; 1) Deskripsi; 2) Interpreasi; 3) Ekspanasi. Hasil penelitian menandakan bahwa bahasa iklan obat herbal Tolak Angin Sidomuncul memiliki kekuatan untuk menghipnotis konsumen alasannya yaitu kata-katanya gampang diingat, mengena, dan gampang dipahami. Jargon atau slogan yang dipakai oleh produk “Tolak angin Sidomuncul” telah menjadi cirri khas dari perusahaan Sidomuncul. Menunjukkan ideologi yaitu mencari laba sebanyakbanyaknya melalui persaingan untuk merebut pasaran.
Kata Kunci: Ideologi teks, Bahasa Iklan, Iklan Televisi
Penulis: Ahmad Sunardi
Kode Jurnal: jpfarmasidd170434

Related Posts

0 komentar:

Post a Comment