Ilmu Pengetahuan Taktik Marketing
Strategi Marketing - Strategi pemasaran merupakan hal yang sangat penting bagi perusahaan dimana taktik pemasaran merupakan suatu cara mencapai tujuan dari sebuah perusahaan. Hal ini juga didukung oleh pendapat Swastha “Strategi yaitu serangkaian rancangan besar yang menggambarkan bagaimana sebuah perusahaan harus beroperasi untuk mencapai tujuannya”.
Sehingga dalam menjalankan perjuangan kecil khususnya dibutuhkan adanya pengembangan melalui taktik pemasarannya. Karena pada dikala kondisi kritis justru perjuangan kecillah yang bisa memperlihatkan pertumbuhan terhadap pendapatan masyarakat.
Pemasaran berdasarkan W. Y. Stanton “pemasaran yaitu sesuatu yang mencakup seluruh sistem yang bekerjasama dengan tujuan untuk merencanakan dan memilih harga hingga dengan mempromosikan dan mendistribusikan barang dan jasa yang bisa memuaskan kebutuhan pembeli nyata maupun potensial”.
Berdasarkan definisi di atas, proses pemasaran dimulai dari menemukan apa yang diinginkan oleh konsumen. Yang alhasil pemasaran mempunyai tujuan yaitu :
- Konsumen potensial mengetahui secara detail produk yang kita hasilkan dan perusahaan sanggup menyediakan semua ajakan mereka atas produk yang dihasilkan.
- Perusahaan sanggup menjelaskan secara detail semua aktivitas yang bekerjasama dengan pemasaran. Kegiatan pemasaran ini mencakup banyak sekali kegiatan, mulai dari klarifikasi mengenai produk, desain produk, promosi produk, pengiklanan produk, komunikasi kepada konsumen, hingga pengiriman produk biar hingga ke tangan konsumen secara cepat.
- Mengenal dan memahami konsumen sedemikian rupa sehingga produk cocok dengannya dan sanggup terjual dengan sendirinya.
Strategi Marketing |
Pada umumnya aktivitas pemasaran berkaitan dengan koordinasi beberapa aktivitas bisnis. Strategi pemasaran ini dipengaruhi oleh faktor-faktor sebagai berikut :
- Faktor mikro, yaitu mediator pemasaran, pemasok, pesaing dan masyarakat,
- Faktor makro, yaitu demografi/ekonomi, politik/hukum, teknologi/fisik dan sosial/budaya.
Berikut ini yaitu hal-hal yang perlu diperhatikan untuk pemasaran : Dari sudut pandang penjual :
- Tempat yang strategis (place),
- Produk yang bermutu (product),
- Harga yang kompetitif (price), dan
- Promosi yang gencar (promotion).
Dari sudut pandang konsumen :
- Kebutuhan dan impian konsumen (customer needs and wants),
- Biaya konsumen (cost to the customer),
- Kenyamanan (convenience), dan
- Komunikasi (comunication).
Dari apa yang sudah dibahas di atas ada beberapa hal yang sanggup disimpulkan, bahwa pembuatan produk atau jasa yang diinginkan oleh konsumen harus menjadi fokus aktivitas operasional maupun perencanaan suatu perusahaan. Pemasaran yang berkesinambungan harus adanya koordinasi yang baik dengan banyak sekali departemen (tidak hanya di bab pemasaran saja), sehingga sanggup membuat sinergi di dalam upaya melaksanakan aktivitas pemasaran.
Think & Sucsees!
----------------------------------
0 komentar:
Post a Comment