Ilmu Pengetahuan Ciri, Tujuan Dan Fungsi Perusahaan

Ciri, Tujuan Dan Fungsi Perusahaan - Perusahaan adalah tempat dimana berlangsung nya produksi. Contoh akal memproduksi roti di rumahnya, produksi yang dilakukan akal di rumah tersebut dinamakan perusahan. Badan usaha yaitu perusahan yang telah didaftarkan dan telah mempunyai tubuh hukum.

A. Ciri-Ciri Perusahaan

Ciri-ciri tubuh perjuangan dan perusahaan yaitu :
  1. Mencari keuntungan,
  2. Memenuhi kebutuhan masyarakat,
  3. Menggunakan modal dan tenaga kerja,
  4. Dipimpin oleh seseorang pemimpin. 
adalah tempat dimana berlangsung nya produksi Ilmu Pengetahuan Ciri, Tujuan Dan Fungsi Perusahaan
Ciri, Tujuan Dan Fungsi Perusahaan
Perusahaan mencerminkan kekhasan yang menciptakan perusahaan bersangkutan gampang dikendali, ciri umumnya yaitu :
  1. Operatif, adanya acara ekonomi yang berkenaan dengan kegiatan produksi, penyedia / distribusi barang dan jasa.
  2. Koordinatif, diharapkan koordinasi semua pihak supaya saling mendukung satu sama lain untuk mencapai tujuan.
  3. Regular, untuk mencapai kesinambungan perusahaan diharapkan keteraturan yang sanggup mendukung acara supaya sanggup selalu bergerak maju.
  4. Dinamis, lingkungan selalu berubah oleh sebab itu bisa mengikuti dan mengikuti keadaan terhadap perubahan.
  5. Formal, tunduk kepada peraturan yang berlaku sesudah memenuhi persyaratan pendirian,
  6. Lokasi, perusahaan didirikan pada suatu tempat tertentu dalam suatu tempat yang secara geografis jelas.
  7. Pelayanan Bersyarat, keberhasilan perusahaan tersebut terhadap visi dan misi dalam suatu tempat yang secara geografis jelas.
 

B. Tujuan Dan Sasaran Perusahaan (Company Objectives) 

Setiap perusahaan haruslah memilik Visi dan Misi untuk mencapai tujuan dan sasaran perusahaan. Visi yaitu sebuah citra mengenai tujuan dan harapan di masa depan yang harus dimiliki organisasi sebelum disusun planning bagaimana mencapainya. Makara visi perusahaan yaitu suatu pernyataan yang menggambarkan kondisi perusahaan di masa yang akan datang. 

Sedangkan misi yaitu bagaimana untuk menghadirkan impian tadi menjadi kenyataan. Menurut Wibisono, misi merupakan rangkaian kalimat yang menyatakan tujuan atau alasan eksistensi organisasi yang memuat apa yang disediakan oleh perusahaan kepada masyarakat, baik berupa produk ataupun jasa.

1. Tujuan Perusahaan

Marilah kita tidak menciptakan kesalahan yang sama dengan perusahaan lain yang gagal dalam mengkuantifikasi Sasaran Perusahaannya - Company's Objectives.

Tujuan Perusahaan yaitu bisa menyediakan kebutuhan Alat Utama Sistem Persenjataan secara mandiri, untuk mendukung penyelenggaraan pertahanan dan keamanan Negara Republik Indonesia.
  1. Mendapatkan keuntungan,
  2. Memproduksi barang untuk memenuhi kebutuhan konsumen,
  3. Mempertahankan kelangsungan perusahaan, dan
  4. Menyediakan lapangan kerja.
Perusahaan yaitu termasuk salah satu lingkungan pemasaran (marketing environment) lansung. Perusahaan dipengaruhi oleh faktor-faktor sebagai berikut :
  1. Tujuan perusahaan (objectives),
  2. Sumber daya perusahaan (resources).
Tujuan perusahaan penting sebab menjadi petunjuk/arahan bagi pengembangan jangka pendek dan jangka panjang perusahaan.

Tiga hal yang harus diperhatikan dalam menentukan tujuan perusahaan :
  1. Perusahaan harus melaksanakan usahanya dalam acara yang spesifik yang bermanfaat secara irit dan sosial. Manfaat irit berkaitan dengan laba yang didapatkan baik oleh perusahaan dan konsumen. Manfaat sosial berkaitan dengan pandangan konsumen bahwa tujuan perusahaan yaitu "baik" dalam perspektif konsumen. Contoh : Tujuan perusahaan yaitu menjadi penyedia jasa hiburan judi terbesar di negara X. Secara irit dengan adanya perjuangan di tempat tertentu, maka sektor pendukung yang lain akan ikut berkembang.
  2. Perusahaan harus membuatkan organisasi untuk terus melanjutkan usahanya dan mengimplementasikan strategi-strateginya. Contoh : Tujuan perusahaan yaitu menjadi penyedia jasa katering terbesar di Jakarta. Dengan adanya tujuan tersebut, perusahaan sanggup menciptakan aneka macam macam produk makanan dan jasa layanan yang mendukung tujuan perusahaan. Ini juga berarti seluruh inspirasi untuk produk dan jasa yang tidak mendukung tujuan perusahaan sanggup dihilangkan.
  3. Perusahaan harus mendapat laba yang cukup untuk bertahan hidup. Contoh : Tujuan jangka pendek perusahaan yaitu bertahan hidup, jangka menengah 10%, jangka panjang 5%. Besarnya angka sasaran bervariasi dan tergantung pada kebijakan dan kondisi perusahaan masing-masing.
Tujuan perusahaan pada umumnya ialah untuk memuaskan kebutuhan dari konsumen dengan nilai-nilai tertentu. Tujuan perusahaan sanggup digolongkan sebagai berikut :
  • Tujuan Pelayanan Primer

Tujuan primer yaitu pembuatan barang/jasa yang dijual untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Tujuan ini adanya tunjangan dari :
  1. Tujuan Organisatoris yaitu nilai- nilai yang harus disumbangkan oleh masing-masing atau kelompok individu yang berada pada cuilan yang bersangkutan. 
  2. Tujuan Operasional yaitu nilai-nilai yang disumbangkan oleh masing-masing tahap dalam suatu unit mekanisme kerja secara keseluruhan.
  • Tujuan Pelayanan Kolateral

Tujuan Kolateral Pribadi yaitu nilai-nilai yang ingin dicapai oleh individuatau kelompok individu dalam perusahaan. Tujuan Kolateral Sosial ialah nilai-nilai ekonomi yang lebih luas/umum yang diharapkan bagi kesejahteraan masyarakat dan yang sanggup secara pribadi dihasilkan dari kegiatan perusahaan. Tujuan Kolateral Sosial bersifat lebih luas untuk kepentingan masyarakat, misalkan : membayar pajak.
  • Tujuan Pelayanan Sekunder

Merupakan nilai-nilai yang diharapkan oleh perusahaan untuk mencapai tujuan primer. Namun secara umum, tujuan perusahaan sanggup berupa :
  1. Mencapai laba maksimal,
  2. Mempertahankan kelangsungan hidup,
  3. Mengejar pertumbuhan, dan
  4. Menampung tenaga kerja
Manajemen yaitu “Suatu proses yang khas, yang terdiri atas kegiatan-kegiatan perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pengkoordinasian dan pengendalian yang dilakukan untuk menentukan serta mencapai sasaran-sasaran melalui pemanfaatan sumber daya insan dan sumber daya yang lain”. Manajemen juga memakai metode ilmiah yang mencakup urutan kegiatan sebagai berikut :
  1. Mengetahui adanya persoalan,
  2. Mendefinisikan persoalan,
  3. Mengumpulkan fakta, data dan informasi,
  4. Menyusun alternatif penyelesaian,
  5. Mengambil keputusan dengan menentukan salah satu alternatif penyelesaian,
  6. Melaksanakan keputusan serta tindak lanjut

2. Sasaran Perusahaan

Meningkatkan potensi perusahaan untuk mendapat peluang perjuangan yang menjamin masa depan perusahaan melalui sinergi internal dan eksternal.

Sasaran Perusahaan yaitu memutuskan apa yang ingin coba dicapai perusahaan dalam menjalankan bisnis operasionalnya. Di dalam memutuskan sasaran hendaknya memakai prinsip SMART.
  • Specific: Sasaran harus menyatakan persisnya apa yang ingin dicapai.
  • Measurable: Suatu sasaran harus sanggup diukur sehingga memungkinkan untuk menentukan apakah sasaran tersebut telah dicapai.
  • Achievable: Sasaran harus realistis sesuai dengan keadaan dimana sasaran tersebut ditetapkan dan sesuai dengan sumber daya yang tersedia untuk kegiatannya.
  • Relevant: Sasaran hasil harus relevan bagi orang yang bertanggung jawab untuk mencapai keberhasilannya.
  • Time Bound: Sasaran hasil harus memutuskan batasan waktu untuk mencapainya. Batas waktu sasaran tersebut juga harus realistis.

 

C. Fungsi Perusahaan

Ada 2 (dua) fungsi perusahaan apabila kedua fungsi tersebut dijalankan dengan lancer, terkoordinir, terintegrasi dalam rangka mencapai tujuan perusahaan.
  1. Fungsi operasi. Pembelian dan produksi, pemasaran, keuangan, personalia, fungsi operasi utama perusahaan, akuntansi, administrasi, teknologi informasi, transformasidan komunikasi, pelayanan umum dan uu, fungsi operasi penunjang.
  2. Fungsi Manajemen yaitu adanya :
  • Perencanaan,
  • Pengorganisasian,
  • Pengarah, dan
  • Pengendalian.
Bila keduanya berjalan dengan baik perusahaan akan menjalankan operasinya dengan lancer, terkoordinasi, terintegrasidalam rangka mencapai tujuan.

Referensi :

  1. Abdulkadir Muhammad, Hukum Perusahaan Indonesia, Bandung: Citra Aditya Bakti, 2002, Hlm. 7. 
  2. https://prinsipilmu.blogspot.com/search?q=pengertian-perusahaan
  3. https://prinsipilmu.blogspot.com/search?q=pengertian-perusahaan  
  4.  Rachmadi Usman, 2000. Hukum Ekonomi dalam Dinamika. Yang Menerbitkan Djambatan : Jakarta.
  5. Rai Widjaya. 2002. Hukum Perusahaan (edisi Revisi). Megapoin: Kesaint Blanc-IKAPI. Bekasi Jawa Barat.

Related Posts

0 komentar:

Post a Comment