Ilmu Pengetahuan Unsur-Unsur Lingkungan Hidup

Unsur-Unsur Lingkungan Hidup Lingkungan hidup meliputi dataran, bukit, pegunungan, laut, langit yang disinari oleh matahari. Lingkungan merupakan bab dari lingkungan hidup. Lingkungan hidup yaitu kesatuan ruang dengan semua benda, daya, keadaan dan makhluk hidup termasuk insan dan perilakunya yang mempengaruhi perikehidupan dan kesejahteraan insan serta makhluk hidup lainya. Lingkungan hidup mencakup segi lingkungan fisik, lingkungan biologis, dan lingkungan sosial budaya.
 Lingkungan hidup yaitu kesatuan ruang dengan semua benda Ilmu Pengetahuan Unsur-Unsur Lingkungan Hidup
Unsur-Unsur Lingkungan Hdup
Dalam Pasal 1 Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2009 Tentang Perlindungan Dan Pengelolaan Lingkungan Hidup bahwa "Lingkungan hidup yaitu kesatuan ruang dengan semua benda, daya, keadaan, dan makhluk hidup, termasuk insan dan perilakunya, yang mempengaruhi alam itu sendiri, kelangsungan perikehidupan, dan kesejahteraan insan serta makhluk hidup lain"

Ruang dalam pengertian lingkungan hidup tersebut di atas merupakan daerah berkumpulnya komponen lingkungan hidup. Dengan demikian dimana ada komponen komponen lingkungan hidup maka disitu ada ruang. Pada ruang ini berlangsung ekosistem, yaitu suatu susunan organisme hidup dimana antara lingkungan abiotik dan organisme tersebut terjalin interaksi yang serasi dan stabil, saling memberi dan mendapatkan kehidupan.

Bentuk ekosistem yang terbesar ialah bumi (biosfer). Lingkungan biosfer bisa dibagi menjadi ekosistem yang lebih kecil, ibarat ekosistem laut, danau, sungai, pulau, hutan, padang rumput, kota, sawah dan lain lain. Semua komponen ekosistem baik biotik maupun abiotik saling berinteraksi dengan hasil bisa nyata dan bisa negatif.

Berdasarkan pengertian lingkungan hidup diatas, sanggup kita ketahui bahwa unsur-unsur lingkungan hidup yaitu sebagai berikut :

1. Unsur Fisik/Abiotik

Unsur Abiotik yaitu istilah yang biasanya dipakai untuk menyebut sesuatu yang tidak hidup (benda-benda mati dan merupakan bentukan dari alam atau unsur yang terdapat dalam lingkungan hidup untuk media saling berhubungan. Komponen abiotik merupakan komponen penyusun ekosistem yang terdiri dari benda-benda tak hidup. Secara terperinci, komponen abiotik merupakan keadaan fisik dan kimia di sekitar organisme yang menjadi medium dan substrat untuk menunjang berlangsungnya kehidupan organisme tersebut. Unsur abiotik sangat kuat bagi kehidupan kita alasannya yaitu jikalau tidak ada unsur abiotik maka kita tidak bisa berkembang biak secara sempurna. Contoh : air, tanah, udara, gunung, laut, sinar matahari.

2. Unsur Biotik/Hayati

Biotik adalah segala sesuatu yang ada di sekitar kita yang merupakan komponen lingkungan yang terdiri atas makhluk hidup (organisme). Pada pokoknya makhluk hidup sanggup digolongkan menurut jenis-jenis tertentu, contohnya golongan manusia, binatang dan tumbuhan. Makhluk hidup menurut ukurannya digolongkan menjadi mikroorganisme dan makroorganisme. Manusia merupakan faktor biotik yang memiliki imbas terkuat di bumi ini, baik dalam imbas memusnahkan dan melipatkan, atau mempercepat penyebaran binatang dan tumbuhan. Berdasarkan kiprah dan fungsinya, makhluk hidup dibedakan menjadi tiga macam, yaitu:
  • Produsen yaitu makhluk hidup yang bisa mengubah zat anorganik menjadi zat organik (organisme autotrof). Proses tersebut hanya bisa dilakukan oleh flora yang berklorofil dengan cara fotosintesis. Contoh produsen adalah alga, lumut dan tumbuhan hijau.
  • Konsumer yaitu organisme heterotrof yang tidak bisa menciptakan makanannya sendiri dan tergantung kepada organisme lain, baik yang bersifat heterotrof maupun yang autotrof. Konsumer biasanya merupakan hewan. Hewan yang memakan flora secara eksklusif (herbivora) dinamakan konsumer primer. Hewan yang memakan konsumer primer dinamakan konsumer II dan seterusnya sehingga terbentuk suatu rantai makanan. Konsumer terakhir disebut konsumer puncak. Contoh konsumer puncak adalah manusia.
  • Dekomposer yaitu organisme yang menguraikan materi organik menjadi anorganik untuk lalu dipakai oleh produsen. Dekomposer sanggup disebut juga sebagai organisme detritivor atau pemakan bangkai. Contoh organisme dekomposer adalah bakteri pembusuk dan jamur. Setiap makhluk hidup hanya sanggup hidup dan berkembang biak pada lingkungan yang cocok,yang disebut habitat.Didalam ekosistem,setiap organisme mempunya fungsi dan kiprah tertentu .Hal ini dikenal dengan nisia.Oleh alasannya yaitu itu, komponen biotik ekosistem sanggup dikelompokkan menurut nisia tadi.Secara garis besar ada empat nisia. Hutan juga termasuk unsur biotik.

3. Unsur Sosial Budaya

Apa yang dimaksud Unsur sosial budaya? Unsur soosial budaya yaitu segala sesuatu yang disekitar kita yang merupakan buatan insan atau segala sesuatu yang berasal dari hasil pikiran atau gagasan, dan keyakinan dalam berperilaku dan nalar kecerdikan ciptaan manusia, Contoh : gedung, jalan, jembatan, kendaraan, ilmu pengetahuan, teknologi dan lain lain. Unsur ini berperan dalam perubahan lingkungan demi memenuhi kebutuhan hidup manusia.

Dasar Hukum :  

Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2009 Tentang Perlindungan Dan Pengelolaan Lingkungan Hidup.

Referensi : 

    1. Brewer R, The science of Ecology, Second Edition, New York, Saunders College Publishing, 1993.
    2. Chafid Fandeli, Analisis Mengenai Dampak Lingkungan Prinsip Dasar dan Penerapannya dalam Pembangunan, Liberty, Yogyakarta, 1992.
    3. https://prinsipilmu.blogspot.com/search?q=pengertian-lingkungan-hidup
    4. https://prinsipilmu.blogspot.com/search?q=pengertian-lingkungan-hidup

      Related Posts

      0 komentar:

      Post a Comment