Ilmu Pengetahuan Pengaruh Samping Komsumsi Buah Tomat (Tomato) Dengan Berlebihan

Efek Samping Komsumsi Buah Tomat (Tomato) Dengan Berlebihan Terdapat ratusan kultivar tomat yang dibudidayakan dan diperdagangkan. Pengelompokan hampir selalu didasarkan pada penampilan atau kegunaan buahnya.

Terdapat buah tomat dengan kisaran warna dari hijau ketika masak, kuning, jingga, merah, ungu (hitam), serta belang-belang.

Dari ukuran dan bentuk, tomat dikelompokkan sebagai berikut:

  Terdapat ratusan kultivar tomat yang dibudidayakan dan diperdagangkan Ilmu Pengetahuan Efek Samping Komsumsi Buah Tomat (Tomato) Dengan Berlebihan
Efek Samping Komsumsi Buah Tomat (Tomato) Dengan Berlebihan
  1. granola yang bentuknya bundar dengan pangkal buah mendatar dan meliputi yang biasanya dikenal sebagai tomat buah (karena sanggup dimakan langsung),
  2. gondol yang biasa dibentuk saus dengan bentuk lonjong oval (biasanya yang ditanam di Indonesia ialah kultivar 'Gondol Hijau' dan 'Gondol Putih', dan keturunan dari kultivar impor 'Roma') dan termasuk pula tomat buah,
  3. sayur ialah tomat dengan buah biasanya padat dan digunakan untuk diolah dalam masakan
  4. ceri (tomat ranti) yang berukuran kecil dan tersusun berangkai pada tangkai buah yang panjang.

Dengan mengkomsumsi berlebihan buah tomat mempunya dampak samping yaitu, sebagai berikut :

1. Melemahnya sistem imun

Sistem imun menjadi tidak seimbang alasannya ialah dalam tomat mentah terdapat karotenoid pigmen likopen. Senyawa kimia tersebut kalau jumlahnya masuk akal akan sangat membantu dalam mencegah kanker. Namun, kalau berlebihan dalam mengkonsumsinya yang ada sistem kekebalan badan jadi terganggu dan badan akan kehilangan fungsi untuk melindungi diri dari beberapa mikroba atau mikroorganisme menyerupai bakteri, virus, dan jamur penyebab penyakit. Pada ketika yang bersamaan, keadaan ini juga tidak sanggup memperbaiki kerusakan fisik yang ada.

2. Permasalahan kanal cerna

Karena tomat diperkaya dengan kandungan asam, berlebihan dalam mengkonsumsi sanggup mengganggu sistem pencernaan. Penyakit GERD (refluks asam) ialah istilah medis yang merupakan penggambaran umum dari gangguan usus.

3. Memicu IBS (Irritable Bowel Syndrome)

Antioksidan likopen sanggup bermetamorfosis umpan penyakit menyerupai IBS kalau jumlahnya terlalu banyak di dalam tubuh. Tubuh juga akan mengalami beberapa persoalan usus lain menyerupai gas perut, kembung, ganggunam pencernaan, mual, muntah, diare, dan masih banyak lagi. Oleh alasannya ialah itu, tidak disarankan untuk konsumsi likopen lebih dari 30 mg per harinya.

4. Membentuk watu ginjal

Jika kita sebelumnya sudah menderita persoalan watu ginjal berukuran kecil, tidak disarankan untuk makan tomat banyak-banyak. Alasannya alasannya ialah tomat merupakan sumber kalsium dan senyawa oksalat yang mana keduanya akan sulit untuk dicerna kalau sebelum Anda sudah menderita watu ginjal. Pada beberapa kasus menyerupai itu, berlebihan makan tomat akan menciptakan kalsium dan oksalat menumpuk di ginjal dan membentuk watu berukuran besar.

5. Kelebihan vitamin

Overdosis vitamin sanggup dipicu oleh sayur tomat yang kita konsumsi setiap harinya, dalam tanda kutip bila jumlahnya berlebihan. Mengkonsumsi tomat berukuran sedang akan memenuhi sepersepuluh kebutuhan vitamin harian, tepatnya 1,025 IU Vitamin A dan 17 mg vitamin C. Apabila jumlahnya terlalu banyak, maka timbul banyak sekali persoalan menyerupai sakit kepala, mual, muntah, sakit ginjal, dll.

Berlebihan dalam konsumsi tomat juga menawarkan dampak jelek bagi kesehatan. Selain 5 dampak samping di atas, sesungguhnya masih ada beberapa lagi menyerupai alergi, kekurangan gizi, mengakibatkan kanker prostat. Dan mengubah warna kulit menjadi sedikit keorenan.

Jadi, kalau kita berniat memberi asupan vitamin untuk badan dengan cara konsumsi tomat. Makanlah dengan jumlah yang masuk akal atau sesuai dengan yang kita butuhkan, jangan kita kira dengan memperbanyak takaran konsumsi akan menciptakan badan semakin sehat, padahal tidak alasannya ialah hal tersebut sanggup merusak harapan.

Alangkah baiknya bila kita hanya mengambil manfaat tomat dengan penggunaan luar, contohnya menjadikannya krim atau masker untuk merawat kulit biar tetap sehat, bersih, kenyal, kencang, halus, dan bersinar.


Baca juga :

Related Posts

0 komentar:

Post a Comment