Ilmu Pengetahuan Penting Banget Dicek, Berikut Tanda Tanda-Tanda Haidmu (Menstruation) Bermasalah

Menstruasi, haid atau datang bulan ialah perubahan fisiologis dalam badan perempuan yang terjadi secara terencana dan dipengaruhi oleh hormon reproduksi baik FSH-Estrogen atau LH-Progesteron. Periode ini penting dalam hal reproduksi. Pada manusia, hal ini biasanya terjadi setiap bulan antara usia remaja hingga menopause. Selain manusia, periode ini hanya terjadi pada primata-primata besar, sementara binatang-binatang menyusui lainnya mengalami siklus estrus.

Pada perempuan siklus menstruasi rata-rata terjadi sekitar 28 hari, walaupun hal ini berlaku umum, tetapi tidak semua perempuan mempunyai siklus menstruasi yang sama, kadang kala siklus terjadi setiap 21 hari hingga 30 hari. Biasanya, menstruasi rata-rata terjadi 5 hari, kadang kala menstruasi juga sanggup terjadi sekitar 2 hari hingga 7 hari paling usang 15 hari. Jika darah keluar lebih dari 15 hari maka itu termasuk darah penyakit.

 ialah perubahan fisiologis dalam badan perempuan yang terjadi secara terencana dan dipengaruh Ilmu Pengetahuan Penting Banget Dicek, Berikut Tanda Gejala Haidmu (Menstruation) Bermasalah
Ilustrasi Tanda Gejala Haidmu (Menstruation) Bermasalah
Umumnya darah yang hilang tanggapan menstruasi ialah 10mL hingga 80mL per hari tetapi biasanya dengan rata-rata 35mL per harinya.Semua perempuan normal yang telah mencapai usia remaja niscaya pernah atau bahkan rutin mengalami haidh setiap bulannya. Haidh atau menstruasi terjadi lantaran tidak terbuahinya sel telur pada rahim wanita, sehingga dinding rahim luruh bersamaan dengan keluarnya darah dari peranakan.

Meski termasuk suatu kondisi yang normal, dalam kepercayaan orang bau tanah Jawa zaman dulu, haidh atau menstruasi pada perempuan nyatanya dianggap sanggup membawa suatu firasat atau menandakan tertentu. Firasat atau menandakan yang dibawa tersebut bergantung dari kapan waktu terjadinya haidh, baik menurut jam, tanggal, hari, pasaran, hingga bulannya.

Nah, bagi kau para perempuan yang ingin mengetahui apa firasat haidh yang sedang kau alami, simak pemaparan yang telah kami buat berikut perihal primbon tiba bulan atau haid beserta ramalan-ramalannya.


Primbon Haid

Selama hidupnya, seorang perempuan akan mengalami haid selama 35 hingga 40 tahun. Haid pertama kali terjadi di sekitar usia 10 sd 15 tahun dan akan berhenti ketika mereka memasuki usia monopause yakni di sekitar usia 45 tahun sd 50 tahun.

Haidh berlangsung dalam siklus yang berulang setiap bulannya, dan ia biasanya terjadi selama 5 hari dalam 1 bulan. Dengan kata lain, kalau ditotal, maka masa menstruasi yang dialami oleh perempuan kurang lebih sekitar 6,5 tahun dalam seumur hidupnya. Total masa haid tersebut tentu sangat usang sekali, akan tetapi proses ini merupakan proses penting yang menunjang kesehatan reproduksi seorang wanita.

Gejala PMS dan haid setiap perempuan sanggup berbeda satu sama lain. Karena memang teladan makan dan teladan hidup setiap perempuan tidak sama. Hanya saja ada sejumlah tanda-tanda haid yang perlu kita waspadai.

Seperti yang dilansir oleh boldsky.com, haid yang kita alami sanggup menunjukkan kondisi kesehatan badan kita. Kondisi haid sanggup jadi indikator kesehatan ginekologi. Kalau haid kita mengatakan tanda yang tak biasa, ini sanggup jadi tanda-tanda ada yang bermasalah di dalam badan kita. Berikut ini lima tanda yang perlu diwaspadai lantaran sanggup jadi indikasi ada badan kita mengalami dilema atau gangguan kesehatan.

1. Sering Mengeluarkan Banyak Gumpalan Darah

Kalau jumlah gumpalan darah yang keluar ketika haid sedikit, itu nggak jadi masalah. Tapi kalau gumpalan darah yang keluar banyak dan sering, ini sanggup jadi tanda adanya fibroid uterus di dalam rahim.

Perhatikan lagi kondisi yang kau alami setiap bulan./Copyright shutterstock.com

2. Volume Darah yang Keluar Sangat Banyak

Kalau volume darah yang keluar ketika haid sangat banyak, ini sanggup jadi ada polip di dalam rahim. Apalagi kalau disertai sesak napas dan pusing, penting untuk segera berkonsultasi ke dokter, ya.

3. Haid Berlangsung Lebih dari 7 Hari

Durasi haid yang berlangsung lebih dari tujuh hari sanggup disebabkan oleh banyak hal. Tapi sanggup juga ini jadi indikasi kau mengalami PCOS (polycystic ovary syndrome) atau sindrom ovarium polikistik merupakan kondisi terganggunya fungsi ovarium pada perempuan yang berada di usia subur dan polip rahim.

Cek tanda-tanda haid yang sering kau alami./Copyright shutterstock.com
4. Siklus Berlangsung Kurang dari 20 Hari

Coba cek lagi siklus haidmu. Kalau siklusnya kurang dari 20 hari, waspada tanda-tanda disfungsi ovulasi atau gangguan tiroid. Bisa juga menandakan adanya PCOS atau polip rahim.

5. Sering Telat Haid

Kalau sedang stres atau melaksanakan olahraga intens, biasanya siklus haid akan telat. Tapi gangguan tiroid juga sanggup menjadikan telat haid. Kalau kau sering telat haid, sebaiknya segera cek ke dokter lantaran sanggup jadi ada ketidakseimbangan hormon di dalam tubuhmu.

Untuk lebih amannya, bila kau mengalami tanda-tanda di atas ketika haid, segera periksakan diri ke dokter, ya ladies. Semakin cepat ditangani, semakin besar peluang kau terhindar dari gangguan kesehatan yang lebih serius.

Baca Juga :

Related Posts

0 komentar:

Post a Comment