Ilmu Pengetahuan Mamfaat Kayu Anggun (Cinnamon), Rempah Alami Menurunkan Kadar Gula Darah

Mamfaat Kayu Manis (Cinnamon), Rempah Alami Menurunkan Kadar Gula Darah Dalam ilmu medis, keberadaan gula atau zat glukosa dalam darah disebut gula darah. Kadar gula darah yang normal pada badan penting bagi kinerja dan kesehatan tubuh.

Kadar gula darah ialah istilah yang mengacu kepada tingkat glukosa di dalam darah.Konsentrasi gula darah diatur dengan ketat di dalam tubuh. Glukosa yang dialirkanmelalui darah ialah sumber utama energi untuk sel-sel tubuh. Karbohidrat terpentingyang dipakai sebagai sumber tenaga utama dalam tubuh. Di dalam darah kita didapati zat gula. Gula ini gunanya untuk dibakar semoga mendapat kalori atau energi.

Sebagian gula yang ada dalam darah ialah hasil absorpsi dari usus dan sebagian lagi dari hasil pemecahan simpanan energi dalam jaringan. Gula yang ada di usus sanggup berasal dari gula yang kita makan atau sanggup jugahasil pemecahan zat tepung yang kita makan dari nasi, ubi, jagung, kentang, roti, danlain-lain.

 Rempah Alami Menurunkan Kadar Gula Darah  Ilmu Pengetahuan Mamfaat Kayu Manis (Cinnamon), Rempah Alami Menurunkan Kadar Gula Darah
Mamfaat Kayu Manis (Cinnamon), Rempah Alami Menurunkan Kadar Gula Darah
Gula darah ialah materi bakar badan yang diperlukan untuk kerja otak, sistem saraf, dan jaringan badan yang lain. Gula darah yang terdapat di dalam badan dihasilkan oleh masakan yang mengandung karbohidrat, protein, dan lemak. Rata-rata, kadar gula darah normal ialah sebagai berikut:
  1. Gula darah 8 jam sebelum makan atau sehabis berdiri pagi (70 – 110 mg/dl).
  2. Gula darah 2 jam sehabis makan (100 – 150 mg/dl).
  3. Gula darah acak (70 – 125 mg/dl).

 Rempah Alami Menurunkan Kadar Gula Darah  Ilmu Pengetahuan Mamfaat Kayu Manis (Cinnamon), Rempah Alami Menurunkan Kadar Gula Darah
Ilustrasi Kadar Gula Darah
Kadar gula tinggi (hiperglikemia) maupun kadar gula rendah (hipoglikemia) tidak bagus untuk kesehatan. Kadar gula darah harus berada dalam posisi normal semoga kinerja organ-organ badan tetap sehat dan normal.

Kadar gula darah rendah tergolong relatif lebih gampang diobati dari pada kadar gula darah tinggi. Mengapa begitu? Karena kalau Anda mengalami level kadar gula darah rendah itu artinya Anda kekurangan asupan gizi, lemak, protein, dan kurang istirahat.

Level gula darah atau glukosa diatur oleh kinerja pankreas. Jika kadar gula darah atau glukosa Anda rendah, otomatis pankreas akan mengeluarkan glukagon, yang menargetkan sel-sel di hati untuk kemudian diubah menjadi glukosa dan sehabis itu dilepaskan ke anutan darah sampai mencapai level tertentu.

Jika seseorang tetap mengalami kadar gula darah dalam level yang rendah, kemungkinan besar Anda mengalami penurunan kerja pankreas atau kurangnya asupan gizi serta kurangnya istirahat. Beberapa tips untuk meningkatkan kadar gula darah:
  1. Tidak mengonsumsi Alkohol.
  2. Hindari konsumsi kafein dan merokok.
  3. Hindari olahraga terlalu berat.
  4. Mengonsumsi masakan yang mengandung serat, menyerupai sayur-sayuran dan buah-buahan.
  5. Makanlah secara teratur dan tidak menunda.
  6. Minumlah segelas susu setiap hari.

Kayu manis (Cinnamomum verum, sin. C. zeylanicum) ialah sejenis pohon penghasil rempah-rempah. Termasuk ke dalam jenis rempah-rempah yang amat beraroma, manis, dan pedas. Orang biasa memakai rempah-rempah dalam masakan yang dibakar manis, anggur panas.

Kayu manis ialah salah satu bumbu masakan tertua yang dipakai manusia. Bumbu ini dipakai di Mesir Kuno sekitar 5000 tahun yang lalu, dan disebutkan beberapa kali di dalam kitab-kitab Perjanjian Lama.

Kayu manis juga secara tradisional dijadikan sebagai aksesori untuk banyak sekali penyakit, dengan dicampur madu, contohnya untuk pengobatan penyakit radang sendi, kulit, jantung, dan perut kembung.

Beberapa spesies kayu manis yang dijual di pasaran di antaranya:
  1. Cinnamomum verum'(True cinnamon, Sri Lanka cinnamon atau Ceylon cinnamon).
  2. C. burmannii (korintje, kasiavera, atau Indonesian cinnamon).
  3. C. loureiroi (Saigon cinnamon atau Vietnamese cinnamon).
  4. C. aromaticum (Cassia atau Chinese cinnamon).

Kulit manis Ceylon sering kali hanya memakai kulit pecahan dalam yang lebih tipis, lebih mempunyai kesegaran, kurang padat, lebih beraroma, dan lebih lembut dalam rasa daripada kasiavera. Kasiavera mempunyai rasa yang lebih berpengaruh (sering lebih pedas) daripada kulit manis Sri Lanka dan umumnya berwarna merah kecoklatan sedang sampai ringan, keras dan bertekstur kayu, serta lebih tebal (2–3 mm (0,079–0,12 inci) dan memakai seluruh lapisan kulitnya.


Tingginya kadar gula dalam darah sering kali menciptakan kita merasa khawatir dan cemas. Apalagi, ketika kita mempunyai orang renta atau keturunan dengan riwayat diabetes.

Untuk sanggup menstabilkan gula darah dalam badan dan mencegah risiko diabetes, spesialis gizi berjulukan Dr Josh Axe mengungkapkan bahwa kita perlu mengonsumsi rempah kayu manis.

Dilansir dari laman Dailystar.com, kandungan nutrisi yang ada pada kayu manis dipercaya sanggup meningkatkan sensitivitas insulin. Kandungan inilah yang kemudian mengeblok enzim berjulukan alanines di mana biasanya enzim ini dipakai darah untuk menyerap gula.

Ketika enzim alanines diblok, ini menciptakan glukosa yang masuk ke anutan darah jadi lebih sedikit meski sebelumnya kita mengonsumsi masakan dengan kadar gula tinggi. Dr Josh juga mengungkapkan bahwa selain kayu manis, rempah lain yang sanggup menangkal risiko naiknya gula darah atau risiko diabetes ialah kunyit.

"Kayu manis populer mempunyai imbas anti diabetes. Rempah ini bermanfaat menyeimbangkan kadar gula dalam darah," ungkap Dr Josh.

Mengingat akan manfaat penting dari kayu manis, sudah saatnya kita rutin mengonsumsi kayu manis. Pastikan untuk mengonsumsinya dalam porsi yang sempurna alias tidak berlebihan. Semoga info ini bermanfaat.

Baca Juga :

Related Posts

0 komentar:

Post a Comment