Ilmu Pengetahuan Dokter: Obat Pelangsing Dapat Sebabkan Hipertensi Paru

Dokter: Obat Pelangsing Bisa Sebabkan Hipertensi Paru Obat pelangsing dinilai sanggup menyebabkan hipertensi paru, sehingga masyarakat dianjurkan hati-hati untuk mengonsumsinya.

“Obat pelangsing mengeluarkan suatu zat yang namanya serotonin, yang menyebabkan pembuluh darah pada paru menyempit,” ujar dokter seorang andal jantung dari RS Sardjito, Yogyakarta, Dr. Lucia Kris Dinarti SpPD SpJP dalam diskusi publik “Ancaman Penyakit Hipertensi Paru Bagi Perempuan dan Anak Indonesia” di Jakarta, Senin (24/9).

 Obat Pelangsing Bisa Sebabkan Hipertensi Paru  Ilmu Pengetahuan Dokter: Obat Pelangsing Bisa Sebabkan Hipertensi Paru
Dokter: Obat Pelangsing Bisa Sebabkan Hipertensi Paru

Oleh sebab itu, sambung Kris, mereka yang mengonsumsi obat pelangsing lalu mengeluhkan dampak samping sesak napas–salah satu tanda-tanda hipertensi paru.

“Orang yang konsumsi obat pelangsing lalu mempunyai hipertensi paru, sesak-sesak napas. Setelah diteliti beliau mempunyai hipertensi paru yang dideteksi dengan rekam jantung dan ekokardiografi,” kata dia.

Hipertensi paru merupakan suatu kondisi terjadinya tekanan darah tinggi di arteri pulmonalis atau paru, menciptakan jantung kanan bekerja ekstra keras sehingga sanggup berakibat fatal dalam waktu cepat.

Hipertensi paru sering bekerjasama dengan penyakit jantung bawaan, penyakit paru lainnya menyerupai penyakit paru obstruktif kronis dan penyakit autoimun menyerupai lupus.

Data dari Yayasan Hipertensi Paru Indonesia (YHPI) menunjukkan, penyakit ini sering diderita belum dewasa sampai usia cukup umur pertengahan dan umumnya dialami wanita ketimbang pria dengan perbandingan 9:1.

“Mengapa pada wanita lebih banyak? Masih banyak teori apakah hormonal berperan pada hipertensi paru. Dilihat penyakit yang mendasari menyerupai lupus yang terjadi pada perempuan, penyakit jantung bawaan pada perempuan. Ada kecenderungan penyakit tertentu pada wanita termasuk penyakit jantung bawaan. Jawaban belum menyakinkan sebab bukti studi juga belum menyakinkan,” papar Kris. (Aktual)


Baca Juga :

Related Posts

0 komentar:

Post a Comment