Ilmu Pengetahuan Cara Mengatasi Penyebab Gatal Pada Alat Kelamin Laki-Laki (Penis/Zakar/Male Genitalia)

Cara Mengatasi Penyebab Gatal Pada Alat Kelamin Pria (Penis/Zakar/Male Genitalia) Penis (dari bahasa Latin yang artinya "ekor", akar katanya sama dengan phallus, yang mempunyai arti sama) yakni alat kelamin jantan. Penis merupakan organ eksternal, lantaran berada di luar ruang tubuh.

Pemakaian istilah "penis" mudah selalu dalam konteks biologi atau kedokteran. Istilah "falus" (dari phallus) digunakan dalam konteks budaya, khususnya mengenai penggambaran penis yang menegang (ereksi). Lingga (atau lingam) yakni salah satu penggambaran falus.

Dalam literatur keagamaan (Islam), kata zakar lebih sering dipakai. Karena dalam banyak masyarakat organ ini dianggap tabu untuk dibicarakan secara terbuka, banyak sekali eufemisme digunakan untuk menyatakannya, menyerupai "burung", "pisang", dick, atau cock (bahasa Inggris).

Cara Mengatasi Penyebab Gatal Pada Alat Kelamin Pria  Ilmu Pengetahuan Cara Mengatasi Penyebab Gatal Pada Alat Kelamin Pria (Penis/Zakar/Male Genitalia)
Cara Mengatasi Penyebab Gatal Pada Alat Kelamin Pria (Penis/Zakar/Male Genitalia)

Fungsi penis secara biologi yakni sebagai alat pembuangan (organ ekskresi) sisa metabolisme berwujud cairan (urinasi) dan sebagai alat bantu reproduksi. Penis sejati dimiliki oleh mamalia dan menjadi penciri utama jenis kelamin jantan.

Organ dengan fungsi serupa dari binatang anggota divisio lain kadang kala disebut penis walaupun secara teknis bukanlah menyerupai penis pada mamalia.

Gatal sanggup terjadi dimana saja, termasuk pada organ kemaluan pria. Kondisi ini merupakan kondisi umum yang hampir pernah dialami oleh semua pria. Gatal pada organ vital laki-laki sanggup terjadi akhir infeksi ringan yang sanggup hilang dengan penanganan sendiri. Akan tetapi, rasa gatal yang timbul sanggup menjadi indikasi adanya penyakit menular seksual.

Umumnya rasa gatal pada kemaluan laki-laki sanggup diredakan dengan perawatan sendiri atau menggunakan obat-obatan yang dijual secara bebas. Namun kalau tidak ada reaksi apapun dari penanganan yang telah Anda lakukan, rasa gatal justru semakin menjadi, sanggup jadi ada penyebab lain yang lebih serius.

Untuk melaksanakan langkah penanganan, hal pertama yang perlu Anda lakukan yakni mengenal penyebab umum timbulnya gatal pada kemaluan. Berikut ini yakni beberapa penyebabnya terjadinya gatal, yaitu :

Infeksi Jamur atau Kandidiasis

Pada badan insan terdapat jamur penyebab infeksi. Umumnya jamur sanggup ditangan dengan melaksanakan pengobatan anti-jamur. Walau begitu, tetap ada risiko yang mengarah kepada penyakit menular seksual atau infeksi menular seksual. Infeksi jamur ini membawa pengaruh terhadap kepala organ vital dan disebut kandida balanitis.

Kondisi tertentu menyerupai gula darah tinggi menciptakan jamur sanggup berkembang biak dan menjadikan infeksi. Meski telah melaksanakan pengobatan, risiko terkena infeksi lagi bagi pengidap diabetes tetap ada.

Infeksi ini menciptakan kemaluan menjadi gatal, dan bahkan disertai pembengkakan, ruam merah, keluarnya cairan kental dari balik kulup, juga mengeluarkan amis tidak sedap dari organ intim pria. Bila terkena infeksi jamur, ketika menjalankan kegiatan seksual dan juga buang air kecil, akan terasa nyeri pada area tersebut.

Risiko mengalami infeksi yang menjadikan gatal pada kemaluan laki-laki sanggup terjadi pada orang yang hobi menggunakan celana pendek ketat menyerupai yang terbuat dari materi lycra atau denim. Tidak hanya itu, para penderita diabetes tipe 1 dan 2, kemudian pengidap HIV juga obesitas sanggup meningkatkan risiko infeksi. Orang yang tubuhnya sedang tidak fit akhir sistem kekebalan badan melemah juga rentan terhadap infeksi.

Penyakit Menular Seksual (PMS)

Penyebab kemaluan terasa gatal sanggup juga diperoleh akhir adanya penyakit menluar seksual (PMS) maupun lebih dikenal dengan istilah infeksi menular seksual (IMS). Penyakit ini merupakan bentuk infeksi yang ditularkan melalui hubungan seks yang tidak aman. Penyebaran infeksi sanggup melalui darah, sperma, cairan vagina, ataupun cairan badan lain.

Penyakit menular seksual yang umum terjadi biasanya disebabkan oleh bakteri. Adapun beberapa nama penyakit ini antara lain sifilis, gonore, dan chlamydia. 

Penyebab lain:
  1. Terdapat penyakit kulit semacam eksim, psoriasis, dan planus lichen;
  2. Jumlah gula dalam badan yang melebihi angka normal;
  3. Aktivitas kutu yang berada pada rambut kemaluan;
  4. Infeksi basil menyerupai basil streptokokal; dan
  5. Iritasi yang sanggup disebabkan oleh materi kandungan dalam sabun mandi, atau dikarenakan cairan urine maupun cairan dari Mr. P berjulukan smegma.

Cara Mengatasi Rasa Gatal Kemaluan Pria Gatal

Langkah ini bertujuan untuk menghilangkan rasa gatal dengan cara menjaga organ vital selalu sehat. Bila Anda sudah mengalami gatal selama berhari-hari dan tidak kunjung hilang, maka langkah terbaik yang harus diambil yakni mengunjungi dokter untuk melaksanakan investigasi serta penanganan yang tepat.

Jagalah kesehatan alat kelamin saudara (Mr. P) yaitu dengan cara :
  1. Cuci dengan air hangat dan sabun dengan kandungan ringan tanpa aroma, cukup sekali sehari. Pastikan seluruh area dibersihkan, termasuk potongan dasar, testikel, dan anus. Jangan terlalu sering membersihkan Mr. P lantaran akan menjadikan nyeri.
  2. Buat ruangan daerah Mr. P beristirahat selalu dalam keadaan kering. Sehabis mandi atau buang air kecil, maka keringkan dulu biar tidak lembap.
  3. Gunakan celanan dalam berbahan serat alami dengan ukuran yang tidak memberi ruang gerak pada organ kemaluan.
  4. Ganti celana dalam setidaknya sehari sekali.
  5. Celana luar maupun dalam untuk melindungi organ yang lembap (baik akhir hujan maupun sesudah olahraga) harus diganti.
  6. Perbanyak minum air mineral setiap hari.
  7. Jangan menaburi bedak pada organ vital. Mungkin Anda berpikir itu sanggup menghilangkan rasa gatal, padahal tidak. Serbuk bedak tersebut akan tertinggal di balik kulit kulup dan sanggup menjadikan infeksi.
Bila gatal disertai tanda-tanda menyerupai adanya darah dalam urine, muntah dan mual, ataupun demam tinggi, maka sebaiknya menemui dokter untuk mendapat diagnosis dan tindakan pengobatan. Jangan ambil risiko, apalagi kalau terindikasi PMS, sebaiknya lakukan investigasi bersama pasangan.

Terimakasih. Semoga sehat selalu...!!!

Related Posts

0 komentar:

Post a Comment