Ilmu Pengetahuan Berikut Tips Menjaga Kesehatan Organ Intim Perempuan (Female Genitalia)

Berikut Tips Menjaga Kesehatan Organ Intim Wanita (Female Genitalia) Organ reproduksi perempuan yaitu salah satu organ penting bagi perempuan alasannya yaitu berfungsi menyokong proses berkembang-biak untuk memperoleh keturunan. Untuk itu, organ tersebut harus dirawat dan dijaga kebersihan serta kesehatannya oleh setiap wanita. Terlebih lagi organ ini rentan terkena abuh dan penyakit seksual menular yang berbahaya.

Organ reproduksi perempuan dibagi menjadi dua yaitu serpihan luar dan serpihan dalam. Bagian luar merupakan organ untuk sanggama. Sedangkan serpihan dalam yaitu tempat terjadinya ovulasi atau pelepasan sel telur, tempat pembuahan sel telur oleh sperma, dan tempat tumbuh kembang janin.

Alat reproduksi perempuan atau organ reproduksi perempuan yaitu organ yang berperan untuk melaksanakan proses perkembangbiakan dengan tujuan memperbanyak keturunan. Organ reproduksi pada perempuan harus memenuhi tingkat kesehatan reproduksi perempuan biar mendapat keturunan. Apabila terdapat penyakit atau kelamin perempuan tidak pada kondisi normal, biasanya akan terjadi gangguan-gangguan dalam proses mendapat keturunan.

Berikut Tips Menjaga Kesehatan Organ Intim Wanita  Ilmu Pengetahuan Berikut Tips Menjaga Kesehatan Organ Intim Wanita (Female Genitalia)
Ilustrasi Organ alat kelamin wanita (Female Genitalia)
Organ reproduksi pada perempuan ini dibagi menjadi dua bagian, yaitu : 

1. Bagian Dalam Organ Reproduksi Pada Wanita

Mons veneris ini merupakan serpihan yang bentuknya sedikit menonjol dan terlihat dari luar yang merupakan serpihan dengan fungsi untuk menutupi tulang kemaluan (Simfisis pubis). Penyusun dari Mons Veneris yaitu jaringan lemak dengan sedikit jaringan ikat.

Mons Veneris juga biasa disebut sebagai gunung venus. Ketika seorang perempuan sudah remaja maka kawasan ini akan tertutupi oleh rambut-rambut kemaluan. Rambut kemaluan ini membentuk referensi menyerupai bentuk segitiga yang terbalik.
Berikut Tips Menjaga Kesehatan Organ Intim Wanita  Ilmu Pengetahuan Berikut Tips Menjaga Kesehatan Organ Intim Wanita (Female Genitalia)
Bagian Dalam Organ Reproduksi Pada Wanita

2. Alat Reproduksi Wanita Bagian Luar

a. Mons Veneris
Mons veneris yaitu serpihan yang sedikit menonjol dan serpihan yang menutupi tulang kemaluan (simfisis pubis). Bagian ini disusun oleh jaringan lemak dengan sedikit jaringan ikat. Mons Veneris juga sering dikenal dengan nama gunung venus, ketika remaja serpihan mons veneris akan ditutupi oleh rambut – rambut kemaluan dan membentuk referensi menyerupai segitiga terbalik.

b. Labia Mayora (Bibir Besar Kemaluan)
Seperti namanya, Bagian ini berbentuk menyerupai bibir. Labia Mayora merupakan serpihan lanjutan dari mons veneris yang berbentuk lonjok, menuju ke bawah dan bersatu membentuk perineum. Bagian Luar dari Labia Mayor disusun oleh jaringan lemak, kelenjar keringat, dan dikala remaja biasanya ditutupi oleh rambut – rambut kemaluan yang merupakan rambut dari mons veneris. Sedangkan selaput lemak yang tidak berambut, namun mempunyai banyak ujung – ujung saraf sehingga sensitif dikala melaksanakan hubungan seksual.

c. Labia Minora (Bibir Kecil Kemaluan)
Labia Minora merupakan organ berbentuk lipatan yang terdapat di dalam Labia Mayora. Alat ini tidak mempunyai rambut, tersusun atas jaringan lemak, dan mempunyai banyak pembuluh darah sehingga sanggup membesar dikala gairah seks bertambah. Bibir Kecil Kemaluan ini mengelilingi Orifisium Vagina (lubang Kemaluan). Labia Minora analog dengan Kulit Skrotum pada Alat Reproduksi Pria.

d. Klitoris
Klitoris yaitu organ bersifat erektil yang sangat sensitif terhadap rangsangan dikala hubungan seksual. Klitoris mempunyai banyak pembuluh darah dan terdapat banyak ujung saraf padanya, oleh alasannya yaitu itu Organ ini sangat sensitif dan bersifat erektil. Klitoris Analog dengan Penis pada Alat Reproduksi Pria.

e. Vestibulum
Vestibulum yaitu rongga pada kemaluan yang dibatasi oleh labia minora pada sisi kiri dan kanan, dibatasi oleh klitoris pada serpihan atas, dan dibatasi oleh pertemuan dua labia minora pada serpihan belakang (bawah) nya.
  • Vestibulum merupakan tempat bermuaranya :
  • Uretra (saluran kencing)
  • Muara Vagina (liang Senggama)
Masing – Masing Dua Lubang Saluran Kelenjar Bartholini dan Skene (Kelenjar ini mengeluarkan cairan menyerupai lendir dikala pendahuluan hubungan untuk memudahkan masuknya penis).

f. Himen (Selaput Dara)
Himen merupakan selaput membran tipis yang menutupi lubang vagina. Himen ini gampang robek sehingga sanggup dijadikan salah satu aspek untuk menilai keperawanan. Normalnya Himen mempunyai satu lubang agak besar yang berbentuk menyerupai lingkaran. Himen merupakan tempat keluarnya cairan atau darah dikala menstruasi. Saat Melakukan hubungan seks untuk pertama kalinya himen biasanya akan robek dan mengeluarkan darah. Setelah melahirkan hanya akan tertinggal sisa – sisa himen yang disebut caruncula Hymenalis (caruncula mirtiformis).
Berikut Tips Menjaga Kesehatan Organ Intim Wanita  Ilmu Pengetahuan Berikut Tips Menjaga Kesehatan Organ Intim Wanita (Female Genitalia)
Alat Reproduksi Wanita Bagian Luar

Menjaga kesehatan vagina sanggup menghindarkan Anda dari abuh jamur dan juga basil penyebab busuk vagina.

Berikut ini yaitu tips berikut untuk menjaga kesehatan organ intim Anda.

1. Jangan memakai sabun

Anda mungkin kadang merasa tidak percaya diri dengan busuk vagina Anda oleh alasannya yaitu itu Anda memakai sabun untuk membersihkannya. Padahal sabun mengandung zat kimia yang sanggup merusak keseimbangan pH vagina. Oleh alasannya yaitu itu dikala Anda sedang menstruasi, maka sebaiknya Anda mencucinya dengan air higienis saja.

Sebanyak 20 hingga 40 persen perempuan di Amerika berusia 15 hingga 44 tahun diperkirakan memakai sabun pembersih vagina. Rata-rata tertinggi justru ditempati oleh kelompok usia remaja, perempuan keturunan Afrika-Amerika dan perempuan berdarah latin.

Disamping memberi rasa segar pada organ kewanitaan, sabun pembersih vagina diklaim menghilangkan rasa busuk tak sedap pada organ vagina Anda. Selain itu, sabun pembersih vagina kerap dipakai untui mencuci organ vagina dikala menstruasi atau pasca periode menstruasi.

Tak hanya itu, manfaat sabun pembersih vagina juga dianggap membantu menghindari perempuan dari abuh penyakit kelamin serta membantu mencegah kehamilan.

Sayangnya, penelitian dan pakar medis malah berkata sebaliknya. Ya, dampak pakai sabun pembersih vagina justru tidak efektif mencegah semua permasalahan di atas.

Bahkan, imbas jelek pakai sabun pembersih vagina justru meningkatkan risiko abuh organ kelamin, komplikasi kehamilan serta problem kesehatan lainnya.

Keuntungan memakai sabun pembersih vagina?

Beberapa perempuan menyampaikan merasa sangat higienis dan kesat ketika memakai sabun pembersih vagina. Begitu banyak hasil uji klinis yang berkaitan dengan manfaat pemakaian sabun pembersih vagina. Rata-rata penelitian memperlihatkan hasil positif.

Namun, di sisi lain juga ada studi yang menemukan imbas negatif pemakaian sabun pembersih vagina. Misalnya pemakaian selama enam bulan sebelum kehamilan akan memengaruhi risiko kelahiran prematur. Bahkan, sebuah studi juga menemukan imbas samping pemakaian sabun pembersih vagina yang berkorelasi dengan peningkatan risiko kelahiran prematur.

Berikut temuan medis menyerupai yang dilansir oleh WebMD:

Infeksi vagina alasannya yaitu bakteri

Ternyata, pemakaian sabun pembersih vagina mengganggu keseimbangan alami basil dalam organ vagina atau yang biasa disebut vaginal flora. Sabun pembersih ternyata mengubah kondisi alamiah vagina yang terkait perkembangan basil penyebab infeksi. Studi juga menemukan, jikalau perempuan yang menghentikan pemakaian sabun pembersih vagina akan lebih sedikit terkena basil vagina.

Infeksi rahim (Pelvic Inflammatory Disease)

PID merupakan abuh rahim dan sebagainya. Penelitian menemikan bahwa perempuan yang memakai sabun pembersih vagina berisiko 73 persen lebih tinggi mengalami abuh rahim.

Komplikasi kehamilan

Perempuan yang memakai sabun pembersih sebanyak satu kali dalam seminggu akan lebih rentan sulit hamil dibanding yang tidak. Sabun pembersih vagina akan meningkatkan risiko kehamilan ectopic sebesar 76 persen. Dengan kehamilan ektopik, maka implant embrio akan berada di luar rahim. Mengerikannya, semakin sering memakai sabun pembersih vagina, peluang mengalami kehamilan ectopic akan semakin tinggi.

Kanker serviks

Menggunakan sabun pembersih vagina setidaknya sekali dalam seminggu memperbesar peluangan terkena risiko kanker serviks.

Lalu, haruskah perempuan memakai sabun pembersih vagina?

Berdasarkan pakar kesehatan termasuk dari American College of Obstetricians and Gynecologists (ACOG), Anda disarankan menjauhi sabun pembersih vagina.

Biarkan vagina mempunyai busuk normal yang semestinya. Kecuali dengan catatan, busuk tak sedap tersebut sangat berpengaruh yang menerangkan terjadinya infeksi.

Cukup kurangi busuk vagina dengan mengontrol bakterinya secara alamiah. Cuci vagina dengan air hangat dan sabun bertekstur dan kandungan ringan yang dibasuh lembut untuk membersihkannya.

2. Jangan memakai parfum

Merdeka.com - Untuk meningkatkan keharuman vagina Anda, maka Anda memakai parfum yang disemprotkan di sekitar vagina. Kandungan alkohol yang terkandung di dalamnya, akan merusak pH vagina. Vagina pun akan rentan terhadap iritasi.

3. Jagalah kebersihan dikala menstruasi

Merdeka.com - Saat menstruasi, kebersihan vagina yaitu hal yang paling penting. Setidaknya ganti pembalut Anda setiap 3-4 jam sekali untuk menghindari kuman dan basil penyebab iritasi berkembang biak.

4. Gunakan celana dalam katun

Merdeka.com - Bahan katun akan gampang menyerap keringat dibandingkan dengan material kain lainnya. Katun juga akan mencegah abuh jamur yang terjadi alasannya yaitu lembap.

5. Kenakan pakaian longgar

Merdeka.com - Pakaian yang ketat akan mengakibatkan vagina menjadi lembap. Akibatnya jamur dan basil pun akan gampang tumbuh. Selain itu pakaian ketat juga akan mengakibatkan abuh dan ruam.

6. Mencukur rambut kemaluan

Merdeka.com - Rambut kemaluan akan menjadi sarang bertumbuhnya basil dan jamur yang akan membuat abuh pada vagina. Oleh alasannya yaitu itu rajin-rajinlah untuk mencukur bulu kemaluan demi kesehatan vagina Anda.

7. Lakukan senam kegel

Merdeka.com - Senam kegel akan membantu Anda untuk memperkuat otot-otot organ intim dan juga vagina. Otot yang berpengaruh sanggup membuat hubungan seks yang Anda dan pasangan lakukan sanggup menjadi lebih nikmat.

8. Minum banyak air

Merdeka.com - Air baik untuk menjaga kesehatan vagina Anda akan air akan membuang basil di dalam badan dalam bentuk urin.

9. Kunjungi ginekolog Anda

Merdeka.com - Apabila Anda menemukan tanda-tanda absurd dari vagina Anda, sebaiknya segera periksakan ke dokter. Tentunya tindakan mencegah lebih baik daripada tindakan mengobati.

Organ intim yaitu organ yang penting. Oleh alasannya yaitu itu jaga kesehatannya dengan mengikuti tips di atas.

Baca Juga :

Related Posts

0 komentar:

Post a Comment